Tips : Recycle dan handmade ?

Posted on Sabtu, 16 November 2013 by Unknown



Sesuai dengan janji, setelah sebelumnya saya kasih contoh hasil recycle handmade saya, kali ini saya ingin berbagi ide tentang recycle dan handmade. Intinya dalah bagaimana kalian merubah nilai ekonomis dari sebuah barang yang sudah tidak terpakai lagi.


Kita tahu saat ini lingkungan sudah tidak seramah dulu. Banjir dimana-mana, tanah longsor, putting beliung, pencemaran air. Wuh ngerilah pokoknya. Tapi tau gak sih.. hal kecil yang ternyata menjadi andil besar dalam hal-hal mengerikan diatas. Yuh sampah. Sampah yang sudah tidak terpakai lagi, lalu kalian buang dijalan, disungai, dimana saja. Jujur terkadang saya sebel saat melihat orang membuang bungkus permen atau bungks snack sembarangan. I mean is that hard to keep it for a while ? Saya gak emosi, oke sedikit, tapi bener deh, kadang kita terlalu acuh untuk hal kecil semacam itu.

Back to topic. Kalian dapat berbuat sesuatu yang mungkin gak besar, tapi bermanfaat tidak hanya untuk kita, and that was recycle. Yup daur ulang, membuat sesuatu yang baru dari benda-benda yang kita pikir sudah tidak berguna lagi. Misalnya botol bekas, dengan sedikit kreatifitas kita bisa merubahnya menjadi bunga plastik, hiasan tampu, atau aksesoris yang bernilai ekonomis mungkin lebih tinggi dari harga botol barunya. Jadi bagaimana membuatnya. How to recycling ?

  1. Siapkan benda yang ingin kalian recycle. Apakah itu baju bekas, celana robek, botol plastik, kabel bekas, atau apa saja yang ada.
  2. Cari ide tentang apa yang bisa saya buat dengan benda-benda itu? Untuk memudahkannya kalian bisa dari inspirasi dari google. Searching ide-ide recycle, DIY recycle, atau barang-barang baru yang sekiranya bisa kalian buat dengan barang recycle kalian.
  3. Siapkan bahan pendukung. Tidak bisa kita pungkiri, untuk beberapa barang recycle kita tetap akan membutuhkan benda-benda lain, misalnya lem, gunting, atau lampu, kabel, dan tetek bengeknya jika kalian akan membuat lampu tidur. Kalian bisa beli, atau juga memanfaatkan yang kalian miliki dirumah.
  4. Kalian tinggal membuatnya sesuai dengan kreatifitas kalian.
  5. Finish. kalian akan merasakan kepuasan tersediri nantinya, setelah sukses membuat sesuatu sendiri. Kepuasan yang harganya lebih mahal dari benda-benda tadi. hehe..


Jadi.. selamat mencoba dan berkarya. Kalau ada yang belum jelas, bisa ditanyakan di kotak diskusi. Jika saya tahu, pasti saya bantu ^^

Postingan Terkait Lainnya :