Tips : Multimedia di dalam file PDF ?

Posted on Sabtu, 16 November 2013 by Unknown



Mungkin tidak sih file pdf yang selama ini untuk dokumen berupa word dan gambar, disisipkan simulasi? Ternyata banyak yang tidak tahu kalau pdf lebih tangguh dari sekedar untuk word dan gambar. Selama ini masih banyak orang yang tidak tahu kalau pdf ternyata mendukung file multimedia. Yup mulai dari teks, gambar, audio, video, flash sederhana, hingga simulasi. Bahkan pdf juga dapat digunakan untuk pengisian form. Wih canggih juga yah pdf.


Dengan memasukkan unsur multimedia pada file pdf, akan memberi nilai plus pada file pdf kamu. Hem misalnya saja kamu ingin membuat buku atau file tutorial. Nah dengan ditambahkan file mutimedia seperti video tutorial, maka buku kamu akan memiliki nilai plus dalam menarik minat orang untuk membacanya. Atau kamu yang ingin membuat buku belajar bahasa asing, kamu bisa menyisipkan audio pengucapannya yang benar. Bukankah itu menarik?

Nah gambar dibawah adalah screenshot dari ebook dengan file pdf yang telah disisipkan simulasi flash. Ebook ini saya buat untuk tugas skripsi. Waktu itu cuma berpikir ingin membuat sesuatu yang gampang dan gak ribet mikirin baris-baris pemrograman :P Dan ternyata di ACC. Jadi sebenarnya kalau mau bikin skripsi menurut saya gak harus sesuatu yang wah dan ribet, tetapi sesuatu yang belum terpikir oleh orang sebelumnya. Aduh malah melenceng dari topik.


Oke back to topic. Nah hal apa saja yang bisa dilakukan dengan fitur multimedia di pdf? Berikut beberapa diantaranya :
1. Memasukkan file audio, video, simulasi sebagai pendukung materi teks dan gambar.
2. Membuat form pendaftaran atau survey
3. Membuat katalog perusahaan dengan sentuhan multimedia.

Selain kelebihan-kelebihan diatas, kelemahan dari multimedia didalam pdf adalah, file-file multimedianya adalah file yang istilahnya ditempelkan pada file, jadi otomatis ukuran file menjadi lebih besar juga. Selain itu file-file yang dimasukan harus file yang sudah jadi. Misalnya simulasi, maka simulasi itu harus dibuat terpisah dengan menggunakan software flash misalnya (kecuali kalau memang sudah punya yang jadi ya).

Segitu dulu pengenalan multimedia di file pdf, semoga bermanfaat. Kalau ada yang belum jelas bisa ditanyakan dikotak diskusi. Lain waktu akan saya beritahu cara pembuatannya. ^^

Postingan Terkait Lainnya :